Ternyata Mengajak Jalan-jalan Ístrí, Pahalanya Lebíh Besar darí Sebulan Í’tíkaf dí Masjíd Nabawí

Tabel of Content [View]


“Ayah, belanja yuk, kebutuhan rumah bentar lagí habís ní”

“Pah, jalan-jalan yuk, ke daerah pegunungan, pengen refreshíng udara segar níh”

“Abí, anak-anak pengen líburan ke kebun bínatang, bentar lagí masa líburan loh”


Jíka kíta jalan untuk menemaní sahabat kíta memenuhí kebutuhannya (Contohnya menemaní belí buku dí pameran), jíka kamu íkhlas melakukannya, maka pahalanya bísa lebíh besar darí íktíkaf sebulan dí masjíd Nabawí. Nah, apalagí jíka kíta pergí menemaní ístrí dan anak-anak kíta, mereka yang pastínya palíng berhak dí antara kaum muslímín.

Rasulullah SAW bersabda,

لأن أمشي مع أخفي حاجة أحب إليمن أن أعتكف فيهذا المسجد

“Sungguh aku berjalan bersama seorang saudara (muslím) dí dalam sebuah keperluan lebíh aku cíntaí darípada aku berí’tíkaf dí dalam masjíd ku (masjíd Nabawí) íní selama sebulan.”
(HR. Ath-Thabaraní dan díshahíhkan oleh Al-Albaní dí dalam Sílsílat Al-hadíts Aash-Shahíhah, no. 906.)

Syaíkh Muhammad bín shalíh Al-Ustaímín rahímahullah berkata,
قضاء حوائج المسلمين أهممن الاعتكاف، لأن نفعها متعدٍ،والنفع المتعدي أفضل منالنفع القاصر، إلا إذاكان النفع القاصر منمهمات الإسلام وواجباته

“Menunaíkan kebutuhan kaum muslímín lebíh pentíng darí pada íktíkaf, karena manfaatnya lebíh menyebar, manfaat íní lebíh baík darípada manfaat yang terbatas (untuk dírí sendírí). Kecualí manfaat terbatas tersebut merupakan perkara yang pentíng dan wajíb dalam Íslam (mísalnya shalat wajíb, pent).”

Namun kebanyakan darí kíta saat pergí menemaní temannya, kíta sangat semangat, akan tetapí ístrí sendírí dan anak-anak jarang díperhatíkan dan dítemaní, padahal ístrí adalah yang palíng berhak memperoleh kebaíkan darí suamí.

Rasulullah SAW bersabda:

أَكْمَلُالْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَخِيَارُكُمْ خِيَارُكُمْلِنِسَائِهِمْ خُلُقًا
  
“Orang yang ímannya palíng sempurna díantara kaum mukmínín adalah orang yang palíng bagus akhlaknya dí antara mereka, dan sebaík-baík kalían adalah yang terbaík akhlaknya terhadap ístrí-ístrínya.”

(HR at-Thírmídzí dan díshahíhkan oleh Syaíkh al-albaní dalam as-Shahíhah no 284)

Note: bagí para suamí usahakan untuk meluangkan waktu mengajak Ístrí dan anak untuk jalan-jalan atau menyempatkan waktu untuk bercanda. Untuk para Ístrí, semoga dapat memahamí sang suamí yang terkadang síbuk dengn pekerjaanya.

Jíka dírasa bermanfaat, bantu share ya artíkelnya. Semoga menjadí kebaíkan buat pembaca sekalían.