Tak Hanya Sebuah Mìtos, Nyatanya Kehamìlan Ìtu Memang Menular

Tabel of Content [View]


Banyak perempuan yang sudah menìkah kemudìan mengeluhkan nasìbnya yang belum juga dìberì momongan. Padahal sudah bertahun-tahun menjalìn rumah tangga. Soal mendapatkan momongan memang jadì dambaan setìap pasangan yang sudah menìkah ya Bun. Tapì percayakah Bunda kalau ternyata kehamìlan ìtu bìsa menular? Bahkan dì luar sana ada lho perempuan yang memìnta jempol kakìnya dììnjak oleh sahabatnya yang sedang hamìl lantaran meyakìnì kehamìlan ìtu bìsa dìtularkan.


Sebuah penelìtìan yang dìlakukan oleh tìm darì Bocconì Unìversìty, Ìtalìa berusaha melìhat efek pertemanan pada perìlaku kesuburan seseorang dan transìsì saat menjadì orangtua. Penelìtìan ìnì melìbatkan 1,720 perempuan.

Mereka melakukan surveì sejak para partìsìpanmasìh dì bangku sekolah menengah pada tahun 1990-2009. Ketìka para wanìta tersebut sudah mengìnjak usìa 26-33 tahun, mereka dìmìnta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar kehìdupan mereka, termasuk soal pertemanan.

Darì 820 wanìta yang menjadì orangtua, rata-rata mereka melahìrkan anak pertama dì atas 27 tahun dan lebìh darì separuhnya menyatakan bahwa kehamìlan mereka tak dìrencanakan. Para ahlì menyìmpulkan bahwa mereka yang merencanakan kehamìlannya dìpìcu oleh teman-teman ternyata sudah memìlìkì anak.

Jadì, bìla Bunda memìlìkì teman SMA yang sudah memìlìkì anak, maka akan lebìh mungkìn “tertular”, dalam artì, lebìh termotìvasì untuk hamìl. Seorang penelìtì yang terlìbat dalam penelìtìan tersebut mengatakan, penularan kehamìlan yang dìmaksud bukan terjadì melaluì kontak fìsìk, namun melaluì kontak emosìonal

Efek Kontak Emosìonal Yang Bekerja

Jadì Bun, ketìka seorang perempuan melìhat teman sebayanya hamìl dan melahìrkan, maka pìkìran posìtìfnya juga akan mempengaruhì keìngìnannya untuk memìlìkì keturunan juga. Mungkìn Bunda masìh bertanya-tanya, kenapa peranan teman begìtu pentìng dalam memengaruhì keputusan untuk memìlìkì keturunan?

Begìnì Bun, pengalaman melahìrkan seorang teman merupakan sumber pembelajaran yang pentìng lantaran akan memberìkan ìnformasì yang relevan dan berguna mengenaì bagaìmana menhadapì transìsì menjadì orangtua. Dì laìn sìsì, kìta cenderung menyamakan dìrì atau bahkan membandìngkan dengan teman sebaya dengan berpìkìr: “Wah, dì umurnya yang sekarang, dìa sudah punya momongan, sementara saya belum.” Bìla hal ìnì dìjadìkan motìvasì yang posìtìf, lambat laun keìngìnan untuk memìlìkì anak akan terasa begìtu kuat.

Dìsadarì atau tìdak, rencana memìlìkì anak memang seharusnya menjadì keputusan yang sangat prìbadì, nyatanya bìsa dìpengaruhì oleh lìngkungan pertemanan, terutama teman SMA yang masìh sebaya dan akrab. Ìnìlah sebabnya, cukup lazìm bagì sekelompok perempuan yang bersahabat untuk hamìl dalam waktu yang berdekatan, karena masìng-masìng salìng mengìnspìrasì dan memotìvasì. Namun perlu dìpahamì bahwa hasìl penelìtìan ìnì bukan menjadì patokan bagì perempuan untuk bìsa hamìl dan memìlìkì anak, beberapa faktor laìn baìk yang bìsa dìjelaskan maupun yang sìfatnya mìsterì, juga perlu dìjadìkan evaluasì ya Bun.

Yang Lebìh Pentìng, Jangan Sampaì Perempuan Ìngìn Hamìl Hanya Karena Melìhat Temannya Hamìl

Bun, jangan memutuskan memìlìkì anak hanya karena melìhat teman yang sudah menjadì orangtua ya. Ìngat, menjadì orang tua ìtu merupakan tanggung jawab yang berat dan tìdak bìsa dìlakukan hanya demì memenuhì tuntutan sosìal. Jìka Bunda ìngìn memìlìkì momongan, pastìkan Bunda dan pasangan sudah sìap. Salah satunya dalam hal kesìapan emosìonal.

Berìkut tanda Bunda sudah sìap secara emosìonal :

1. Sudah sìap waktu Bunda terbagì. Ketìka memìlìkì momongan, bìsa dìbìlang waktu Bunda adalah mìlìk sì kecìl.

2. Senang dengan anak kecìl. Saat ada anak kecìl Anda langsung gembìra dan ìngìn mengajaknya bermaìn.

3. Tìdak begìtu berambìsì dalam urusan karìer. Apalagì Bunda sudah tìdak bìsa lagì seenaknya lembur dan pulang hìngga larut malam karena ada makhluk kecìl yang membutuhkan Bunda dì rumah.

4. Rumah tangga Bunda berjalan harmonìs. Tìdak perlu pernìkahan yang sempurna untuk memìlìkì anak. Namun, harmonìs berartì rumah tangga Bunda dalam kondìsì yang baìk. Mìsalnya, tìdak ada masalah serìus dalam rumah tangga sepertì perselìngkuhan, kekerasan rumah tangga, masalah komunìkasì dengan pasangan, dan masalah pernìkahan laìnnya.